Just another free Blogger theme

Selasa, 25 Februari 2020


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan      :   SD/MI
Kelas                             :   II (Dua)
Tema 2                          :   Bermain di Lingkunganku

 

Kompetensi Inti
KI 1  :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
BAHASA INDONESIA
1.1   Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah

2.2   Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

3.2   Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.2. Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

·    Mensyukuri bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa





·    Perilaku santun dan jujur








·    Teks cerita sederhana











·    Teks cerita sederhana





MATEMATIKA
2.1   Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar

3.6   Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan),

3.7    Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segitiga, segi empat dan segi enam beraturan

4.3   Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil  penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
   
4.4    Mendemonstrasi-kan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban

·    Rasa ingin tahu dan tertarik pada matematika





·    Bilangan asli sampai 500




·    segitiga, segiempat dan segi-enam beraturan



·    Operasi Hitung penjumlahan, pengurangan,  perkalian atau pembagian







·    Uang





SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
1.1   Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan

2.1   Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih     mengekspresi kan diri dalam  mengolah karya seni

3.1   Mengenal bahan dan alat serta fungsinya dalam membuat karya seni rupa

3.4   Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan

4.1   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

4.13.    Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel

·    Tanda-tanda kekuasaan Tuhan




·    Rasa percaya diri






·    Karya seni rupa



·    Cara mengolah bahan alam





·    Menggambar ekspresi







·    Membuat karya kerajinan dari bahan alam









Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar: