Dalam kurikulum merdeka terdapat Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek Penguatan Proil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran lintas disiplin yang digunakan untuk mengamati dan juga memberika solusi dari masalah yang berada di lingkunganya.
Dalam penerapanya terdapat suatu Modul Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila. Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah dokumen yang
memiliki tujuan, Langkah, media pembelajaran dan juga asesmen yang digunakan
dalam melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Dalam menyusun modul projek penguatan profil pelajar Pancasila tersebut
terdapat berbagai Langkah Langkah yang dapat digunakan oleh guru atau tenaga
pendidik dalam menyusun modul tersebut.
Langkah Langkah dalam menyusun projek penguatan profil pelajar Pancasila
adalah sebagai berikut.
1.Membuat Identitas Modul
Hal pertama yang dilakukan oleh tenaga pendidik adalah membuat identitas
modul. Identitas modul ini berisikan identitas modul ajar yang dapat
dikembangkan dari
· Nama Penyusun
· Instiusi
· Tahun Penyusunan Modul Ajar
· Jenjang Sekolah
· Kelas
· Alokasi waktu yang disesuikan dengan ketentuan masing masing
2. Membuat Kompetensi Awal
Kompetensi awal tersebut berisikan pengetahuan dan juga keterampilan
yang perlu untuk dimiliki oleh siswa sebelum mempelajari tema atau topik
tertentu. Dalam kompetensi awal tersebut merupakan ukuran dari seberapa dalam
modul dibuat
3. Membuat Profil Pelajar Pancasila
Dalam modul ajar, profil pelajar Pancasila tersebut tidaklah perlu untuk
dicantumkan semua. Tenaga pendidik dapat memilih profil pelajar Pancasila yang
sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam modul ajar tersebut.
Profil pelajar Pancasila tersebut dapat dituangkan dalam pembelajaran
melalui materi, padagogi, kegiatan projek dan juga asesmen.
4. Menentukan sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana adalah fasilitas yang digunakan dalam menunjang
pembelajaran. Sarana adalah alat dan juga bahan yang digunakan sedangkan
prasarana adalah materi dan juga sumber ajar yang relevan dalam pembelajaran.
Tenaga pendidik juga perlu untuk memperhatikan sarana dan prasarana
tersebut untuk mempertimbangkan keterbatasan dan kelebihan dari materi yang
disampaiakan.
5. Menentukan target peserta didik
Dalam modul ajar peserta didik yang dijadikan target adalah sebagai
berikut
· Peserta didik reguler adalah perserta didik yang tidak mempunyai kendala
dalam memahami materi ajar
· Peserta didik kesulitan belajar adalah peserta didik yang memiliki
kesulitan dengan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri dan sulit untuk
konsentrasi.
· Peserta didik pencapaian tinggi adalah yang peserta didik yang dapat
memahami materi dengan cepat dan juga tingkat keterampilan yang tinggi
6. Membuat Model Pembelajaran
Model pembelajaran tersebut dapat menjadi gambaran sistematis tentang
pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran tersebut seperti pembelajaran
jarak jauh, pembelajaran luring atau juga blended learning.
7. Membuat Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran digunakan untuk menentukan arah belajar. Selain itu
tujuan belajar juga harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan juga asesmen
yang digunakan
8. Membuat Pemahaman Bermakna
Pemahaman Bermakna merupakan informasi tentang manfaat yang diperoleh
oleh peserta didik setelah ikut serta dalam pembelajaran. Manfaat dari hal
tersebut kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari hari
9. Membuat Pertanyaan Tematik
Pertanyaan tersebut disusun oleh guru atau tenaga pendidik dalam
menumbuhkan kaingin tahuan dan kemampuan siswa untuk berpikir kritis.
Pertanyaan tematik tersebut dapat digunakan untuk memandu pemahaman bermakna.
10. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran adalah alur pembelajaran dan juga Langkah
pembelajaran disertakan dengan alternatif pembelajaran yang sesuai dengan
kebutuhan siswa
11. Membuat Asesmen
Asesmen tersebut digunakan untuk mengukur hasil pembelajaran di akhir
pembelajaran. Kriteria capaian tersebut harus di tentukan dengan jelas juga.
Demikian informasi mengenai Cara Menyusun Modul Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila
0 komentar:
Posting Komentar